Jual Bibit Kelengkeng Matalada Siap Tanam

Varietas unggulan yang disinyalir cukup memukau kini datang dari jenis buah Kelengkeng yang bernama matalada,yang mana kelengkeng matalada ini merupakan salah satu varietas unggulan dari buah kelengkeng yang tentunya mempunyai ciri-ciri yang sedikit berbeda dengan kelengkeng pada umumnya,serta mempunyai bentuk dominan bulat,namun agak sedikit mungil,dan tentunya buah ini bisa membuat setiap orang ketagihan dan tidak bisa berhenti untuk mengunyahnya. 

Jual Bibit Kelengkeng Matalada Siap Tanam

Ternyata manfaat buah kelengkeng jenis matalada ini juga sangat banyak dan tentu saja akan berdampak baik untuk tubuh karena kaya akan nutrisi yang menyehatkan. Sebagai contoh saja, untuk  tiap 100 gram buah kelengkeng jenis matalada saja,setidaknya kita sudah bisa mendapatkan sejumlah 1,8 protein, 30 gram karbohidrat, 1,9 gram serat, 84 mg vitamin C, dan 1,2 mg kalsium.

Baca Juga: Bibit Cabai Rawit Siap Tanam

Kelengkeng jenis adalah salah satu varian kelengkeng yang mana cukup unggul daripada jenis kelengkeng lainnya,biasanya kelengkeng matalada ini sering dibilang dalam bahasa latin dengan sebutan Dimocarpus longan,jenis kelengkeng matalada ini tentu sangat banyak memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jenis kelengkeng yang lainnya,pada ukuran biji ini berukuran sangat kecil dan juga mempunyai buah yang dominan sangat besar dengan ketebalan daging yang padat dan halus,dan tentunya sangat lembut,dan dengan ini menjadi keunikan tersendiri bagi kelengkeng matalada.

Budidaya kelengkeng matalada

Di indonesia sendiri ,budidaya buah kelengkeng matalada sudah mulai tersebar di beberapa daerah mulai dari bagian timur Indonesia sampai bagian selatan Indonesia.  Dalam membudidayakan buah ini kita tidak terlalu membutuhkan banyak lahan karena cukup dengan 1 pohon saja biasanya kita bisa panen antara 5-10 kg buah kelengkeng matalada tergantung dari jenis dan juga percepatan pohon kelengkeng matalada itu sendiri.

Jika anda mempunyai sebuah tekad yang kuat untuk belajar serta mempelajari cara budidaya tanaman kelengkeng matalada untuk sekedar dikonsumsi sendiri,maka anda patut untuk mencoba beberapa cara dibawah ini .

Memilih bibit

Tahapan utama yang perlu anda lakukan adalah teliti dalam hal memilih bibit yang mana nantinya bibit inilah akan kita jadikan sebagai induk atau juga pohon kelengkeng matalada. Sampai sejauh ini terdapat 3 macam cara yang cukup populer dan sangat efisien untuk menumbuhkan kelengkeng matalada yaitu dengan cara menanam dari biji , Cangkok , dan Stek batang. 

Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun apabila anda hanya ingin menanam kelengkeng matalada hanya untuk konsumsi sendiri  , menggunakan cara tanam biji bisa dilakukan karena tergolong murah dan gampang.

Namun,dalam hal ini sedikit berbeda dengan kondisi apabila anda ingin menjadi salah satu penyuplai buah kelengkeng matalada , dan pastinya anda bisa mencobanya dengan cara penggandaan dengan cara cangkok atau stek.

Memilih lahan

Perlu diketahui jika sebelumnya kelengkeng varian matalada ini merupakan salah satu varian kelengkeng yang cepat berbuah yang dalam menanamnya tidak terlalu sulit karena bisa hidup di berbagai kondisi tanah . Namun yang harus anda perhatikan adalah perihal kegemburan tanah yang dalam hal ini akan sangat mempengaruhi proses cepat atau lambatnya pohon kelengkeng akan tumbuh.

Perawatan

Untuk perawatan dari pohon kelengkeng itu sendiri juga tidak terlalu sulit yaitu cukup menjaga kondisi tanah dari pohon kelengkeng tetap lembab dan juga menjauhkan pohon kelengkeng dari berbagai ancaman hama.

Beberapa perawatan dasar seperti penyiraman dan pemupukan bisa dilakukan dengan cara menyiram tanaman kelengkeng dengan air biasa dengan intensitas 2x sehari di pagi hari dan juga di sore hari. Dan kemudian untuk pemupukan bisa dilakukan 30 hari sekali.